Desember 01, 2013

Forum Jual Beli Kaskus

Forum Jual Beli pada Kaskus
Oleh Ilham Kurniawan Putra (53412604 / 2 IA 06)

Dengan adanya kemajuan teknologi dan perkembangan internet yang pesat seperti sekarang ini, salah satunya dalam bidang pejualan dan pembelian saat ini, transaksi dapat dilakukan sekalipun dalam jarak yang jauh. Transaksi tersebut dikenal dengan e-commerce. Salah satu bentuk dari e-commerce yaitu toko online atau bisnis online.
Kata bisnis berasal dari sebuah kata dalam bahasa Inggris, yaitu business. Dengan kata lain bisnis diartikan kegiatan yang dapat menghasilkan keuntungan bagi seseorang yang menjalankannya, sedangkan online diartikan sebagai kondisi seseorang yang terhubung dalam jaringan atau suatu keadaan dimana sekelompok orang terhubung kedalam sebuah jaringan internet. Dengan demikian dapat disimpulkan bisnis online merupakan suatu kegiatan yang dilakukan di jaringan internet yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan bagi seseorang yang melakukan kegiatan tersebut.
Salah satu situs jual beli online di Indonesia yang popular saat ini yaitu Kaskus, karena Kaskus menyediakan forum tersendiri untuk anggotanya yang ingin melakukan jual beli secara online. Halama utama Kaskus terlihat seperti gambar dibawah ini

            Kaskus merupakan sebuah situs forum komunitas yang didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga orang mahasiswa Indonesia yang saat itu sedang menempuh pendidikan di Amerika Serikat, yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Darmawan.
Kaskus memiliki keunikan dengan situs yang lainnya, karena memiliki istilah-istilah yang digunakan, antara lain :  
- Juragan/Juraganwati        : Panggilan untuk sesame pengguna kaskus
- Pertamax                             : Gabungan dari kata Pertama + x, yang artinya pertama kali        memposting balasan dari sebuah thread.
- Thread                                 : Halaman berisi  suatu topik yang dibuat seorang kaskuser.
- No Afgan                             : Bahasa kaskus untuk tidak terlalu menawar harga dalam   FJB terlalu rendah
- Junk                                     : Post yang isinya tidak penting.
- COD                                     : Istilah dalam forum jual beli dimana uang tunai diberikan saat membeli dan penjual berjumpa ditempat perjanjian.
Salah satu kategori forum yang ada disitus Kaskus yaitu forum jual beli atau dikenal dengan FJB kaskus. Didalam forum ini kita dapat melakukan jual beli berbagai jenis barang. Kategori jenis barang yang ada dalam FJB kaskus antara lain : alat-alat music, alat-alat olahraga, elektronik, furniture, handphone, computer, fashion, dll.
            Untuk memulai jual beli online di FJB Kaskus, terlebih dahulu kita harus membuat akun kaskus. Hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Buka alamat www.kaskus.co.id melalui web browser, maka akan muncul halaman utama Kaskus.
  2. Klik menu Not a Member
  1. Selanjutnya kita harus melakukan Register padah halaman Sign Up on Kaskus.
  2. Dihalaman tersebut akan terdapat bebrapa isian yang harus kita isi seperti username, password, alamat email, dll.
  3. Selanjutnya lakukan verifikasi untuk memastikan bahwa kita bukan robot atau program jahat dengan mengetikkan re-capthca pada field verification.
  4. Selanjutnya kita diharuskan mengisi data-data pribadi seperti nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, nomor telepon dan lokasi tempat tinggal anda. Jika semua sudah lengkap klik submit.
Setelah mengikuti langkah-langkah diatas maka akun Kaskus anda telah aktif dan dapat membuat thread jual beli di FJB Kaskus. Untuk membuat thread, hal yang pertama harus dilakukan sign in ke forum jual beli Kaskus. Setelah berhasil log in, klik menu Jual Beli, selanjutnya klik tombol Start Selling, dan dilanjutkan dengan Create New Item, pilih kategori barang yang akan anda jual pada field chose category. Selanjutnya beralih pada pembuatan thread, dalam pembuatan thread tersebut ketikkan judul thread jual beli anda lalu uraikan kondisi, deskripsi, harga barang  yang akan anda jual. Jika sudah upload image untuk barang yang akan anda jual.
Hal yang tidak kalah penting yaitu memberikan tags atau kata kunci pencarian untuk memudahkan pembeli melakukan pencarian. Selain itu, untuk membuat thread jual beli anda menarik dapat dilakukan beberapa cara diantaranya dengan memberikan Quote, dimaksudkan agar bagian tertentu terlihat sedikit mencolok sehingga memudahkan pembeli saat membaca thread anda. Selain membuat Quote, dapat juga membuat Spoiler pada gambar. Hal ini dimaksudkan agar thread jual beli anda terlihat lebih rapid an lebih cepat dibuka. Pada akhirnya thread jual beli anda telah sempurna, simpan dan publikasikan thread tersebut.
Secara otomatis, FJB Kaskus menampilkan thread berdasarkan postingan yang terbaru maupun balasan dari thread tersebut. Maka dari itu, kita dapat menjaga thread yang sudah kita posting tetap terjaga ditampilan FJB Kaskus dengan memanfaatkan fasilitas balasan thread. Hal ini dikenal dengan istilah menyundul lapak.
Keunikan lain dari FJB Kaskus ini adalah adanya fasilitas rekening bersama atau rekber, tujuannya untuk meminimalisir tindakan penipuan. Rekening utama ini merupakan suatu fasilitas dimana saat melakukan transaksi barang anda tidak langsung melakukan pembayaran terhadap penjual. Adanya pihak ketiga sebagai penjamin uang anda agar aman sampai barang yang anda pesan diterima, hal ini berlaku sebaliknya terhadap penjual.
Secara umum cara kerja yang digunakan oleh Rekening Bersama adalah sebagai berikut :
1.    Pembeli dan penjual dengan kesepakatan bersama memilih penyedia layanan rekening bersama.
2.    Pembeli melakukan transaksi pembayaran ke rekening bersama atas harga yang telah disepakati oleh penjual dan pembeli.
3.    Pembeli selanjutnya mengisi dan mengirimkan data-data pribadi yang diperlukan kepada pihak ketiga (Rekening Bersama).
4.    Rekening Bersama melakukan konfirmasi atas transaksi pembayaran yang dilakukan oleh penjual kepada pembeli. Selain itu, rekening bersama menyarankan penjual untuk segera mengirimkan barang yang telah dipesan oleh pembeli.
5.    Setelah barang telah diterima oleh pihak pembeli, pihak pembeli pun segera menyarankan pihak ketiga untuk segera mentransfer dana kepada penjual.
6.    Apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan barang yang dipesan, maka pihak ketiga akan menahan dana, selanjutnya pihak pembeli dan penjual melakukan kesepakatan bersama tanpa campur tangan pihak ketiga.


Dalam FJB ini tidak luput dari kekurangan apapun masalah yang disebabkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak penipuan. Maka berikut ialah tips-tips yang dapat dilakukan :
1.    Tips untuk pembeli yaitu teliti sebelum membeli barang dan membaca dengan saksama deskripsi barang yang diposting oleh penjual. Kenali pihak penjual secara baik dengan menelusur riwayat jual beli yang pernah dilakukan oleh penjual untuk memastikan tidak pernah ada masalah dari transaksi yang pernah dilakukan.
2.    Tips untuk penjual yaitu buatlah judul yang singkat dan menarik untuk thread yang akan diposting dan berikan deskripsi barang yang akan dijual secara terperinci. Tidak lupa untuk selalu mengecek rekening sebelum melakukan pengiriman barang. Jika sudah mengirimkan barang segera hubungi pembeli dan memberikan resi pengiriman barang.

Referensi:
 Wahana komputer. 2010.Membangun Usaha Bisnis Dropshipping. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
Nono.2009. Kiat Membuka Toko Online dengan Openchart. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

2 komentar: