Desember 01, 2013

Aplikasi Snapchat sebagai Media Sosial



Aplikasi Snapchat sebagai Media Sosial
Oleh Ilham Kurniawan Putra (53412604 / 2 IA 06)

Snapchat adalah layanan berbagi foto dengan adanya salah satu fitur yang membedakan dengan social media lainnya yakni uniknya foto yang kita kirim akan menghilang setelah beberapa detik ditampilkan sehingga pengguna tidak lagi dapat mengaksesnya dan gambar akan dihapus dari server perusahaan.  Jika pengguna lain ingin mendapatkan foto yang kita share tersebut, dapat dilakukan dengan menscreenshot gambar  secara cepat sebelum gambar menghilang. Snapchat telah menunjukkan pertumbuhan yang pesat . Pada bulan September 2011 hingga saat ini , layanan ini telah mengumpulkan 100 juta pengguna. Pada bulan Juni tahun ini , penggunanya mengirim 200 juta foto per hari . Pada bulan September , dua tahun setelah peluncuran , sesama pengguna telah mengirimkan satu sama lain 350 juta foto per hari .     


Grafik yang menunjukan perkembangan Snapchat per harinya

Dengan pertumbuhan semacam itu , tidak mengherankan bahwa perusahaan menghasilkan keuntungan yang melimpah. Facebook dilaporkan menawarkan $ 3 miliar untuk perusahaan namun Snapchat menolak tawaran tersebut.     
Layanan ini merupakan reaksi terhadap kejenuhan jejaring sosial dan mode interaksi yang dominan di Facebook dan Twitter .


Contoh tampilan dari Snapchat ketika mengirim gambar

Aplikasi ini merupakan fitur terbaru dari chatting, social media, dan publikasi foto yang popular saat ini. Teman dalam Snapchat dapat dikumpulkan dari jaringan sosial kita atau teman baru yang kita temukan pada snapchat. Selain itu, kita dapat menggunakan kontak pada ponsel kita untuk menambah teman . Proses sign-up Snapchat sama seperti media sosial lainnya. Setelah kita menemukan teman di Snapchat , kita dapat mulai mengambil dan mengirim gambar  ke  teman- teman kita Namun foto tersebut ditampilkan secara singkat, berlangsung antara satu detik dan sepuluh detik setelah aplikasi Snapchat dibuka. Setelah itu, foto akan dihapus dari server snapchat. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang membedakan dalam hal mengambil foto . Satu , pengguna dapat mengedit foto sehingga foto yang di-publish. Dua , kita dapat memberi keterangan pada foto yang kita publish. Tiga , kita dapat  mengatur berapa lama (1-10 detik) foto itu akan terlihat oleh penerima .    

 
 
 
Referensi:
MATT MCFARLAND. Snapchat’s 23-year-old CEO was smart to turn down a $3 billion offer. Washington Post 14 November 2013.
Washington Post by ALEXIS C. MADRIGALNOV 15 2013, 2:05 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar