September 30, 2012

Tugas 1 ilmu sosial dasar

Peran dan kegiatan sebagai individu dalam keluarga dan lingkungan masyarakat.

Sebagai seorang individu, peran dan kegiatan saya dalam keluarga yang utama adalah beribadah, belajar dan tidak lepas dari bersosialisasi dalam lingkup awal yaitu keluarga, banyak hal yang dapat dilakukan dengan keluarga, seperti membantu orangtua, berbincang-bincang dengan anggota keluarga dan menghabiskan waktu untuk bersama keluarga.
Keluarga adalah tempat awal kita untuk belajar bersosialisasi sebelum kita bertemu lingkungan masyarakat. Didalam sebuah keluarga, pengetahuan agama merupakan awal sebagai dasar dalam melakukan apapun termasuk bersosialisasi, diajarkan pula bagaimana cara bersosialisasi yang baik dan sopan karena kita akan bertemu dengan ruang lingkup yang luas yaitu lingkungan masyarakat.
Sebagai seorang makhluk sosial, kita tidak dapat hidup sendiri, kita selalu membutuhkan orang lain seperti dalam kehidupan sehari-hari kita mempunyai teman yang lebih dari sepuluh bahkan lebih dari seratus. Setelah keluar dari lingkup keluarga kita akan menemui lingkungan masyarakat. Setiap individu tentu mempunyai karakter yang beragam dan tidak sama, selain itu juga peran dan tugas yang berbeda.  Tentunya peran dan kegiatan saya yaitu dapat menempatkan diri dimana saya berada, mampu bekerja sama dan bersosialisasi dengan baik dengan individu lainnya.
Dari penjelasan saya diatas, tentu kita dapat menarik kesimpulan bahwa dimanapun kita berada, kita selalu bersosialisasi dengan orang lain yang dimulai dalam ruang lingkup kecil seperti keluarga sampai ruang lingkup luas seperti lingkungan masyarakat. Tugas dan peran setiap individu berbeda dan beragam. Oleh karena itu, dalam menjalankan peran dan tugas dengan sebaik-baiknya dibutuhkan kerja sama dalam sosialisasi dengan individu lainnya.

Nama : Ilham Kurniawan Putra
NPM : 53412604
Kelas : 1IA09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar