| EFEK DARI MERUBAH DERAJAT BUKA-TUTUP NOKEN AS DAN JARAK LSA Tabel dibawah ini sebagai ilustrasi bagamana variasi dapat dilakukan dalam menyeting LSA dan waktu buka-tutup klep akan memberi efek terhadap sifat mesin sebagai reaksi terhadap pemasangan noken as. |
EFFECT DARI MENGGESER POSISI NOKEN AS
|
PEMAJUAN TIMING CAM
| PEMUNDURAN TIMING CAM
|
Memulai proses hisap lebih cepat
| Menahan proses hisap berakhir lebih lambat
|
Klep Inlet membuka lebih cepat
| Tetap membuka klep inlet
|
Menambah torsi pada putaran bawah
| Menambah lebih banyak tenaga RPM atas |
Jarak klep in ke piston semakin dekat
| Menambah jarak aman piston – Klep in |
| Menambah jarak klep buang ke piston | Mengurangi Piston-Exhaust Valve Clearance |
|
|
|
| EFFECTS OF CHANGING LOBE SEPERATION ANGLE (LSA) |
| Tighten (smaller LSA number) | Widen (larger LSA number) |
Menggeser torsi ke RPM rendah
| Mengembangkan torsi di RPM tinggi |
| Torsi maksimum meningkat | Torsi maksimum menurun
|
| Rentang tenaga sempit | Rentang tenaga lebar
|
| Tekanan dalam silinder meningkat | Mengurangi Maximum Cylinder Pressure |
| Kemungkinan knocking tinggi | Kemungkinan engine knock rendah |
Meningkatkan tendangan balik kruk as
| Mengurangi tendangan balik kruk as
|
| Meningkatkan Kompresi efektif | Menurunkan Effective Compression |
Kevakuman saat stasioner berkurang
| Stasioner nyaman
|
Kualitas stasioner buruk
| Kualitas saat stasioner membaik
|
Overlaping meningkat
| Overlaping kecil
|
Proses Kompresi dan usaha lebih lama
| Saat klep menutup bersamaan lebih sedikit
|
| |
| |
|
|
|
CAMSHAFT GEOGRAPHY AND LOBE FUNCTION
|
| 1) Max Lift or Nose |  |
| 2) Flank |
| 3) Opening Clearance Ramp |
| 4) Closing Clearance Ramp |
| 5) Base Circle |
| 6) Exhaust Opening Timing Figure |
| 7) Exhaust Closing Timing Figure |
Intake Opening Timing Figure |
| 9) Intake Closing Timing Figure |
| 10) Intake to Exhaust Lobe Separation |
|
|
SUMBER : R.A.T MOTORSPORT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar